Langsung ke konten utama

Alhamdulillah, begitu.

Assalamualaikum,

Banyak buku yg jadi 'pr' saya dalam masa waktu yg tak ditentukan. Terutama banyak buku mengenai motivasi, nasihat, dan pernikahan (iya, gak usah ngece. Saya belum menikah). :))
Dari buku tebal satu ke buku yg lain, Ya Alloh, memori manusia yg kita punya ini luar biasa ukurannya. Semoga tidak 'meledak' isi kepala saya karen aterlalu banyak membaca.

Salah satu buku menggigit lainnya yg baru saya baca barusan judulnya, Kupinang Engkau dnegan Hamdalah karya pak Guru Mohammad Fauzil Adhim, salah satu penulis kesukaan saya. Terutama dalam urusan ke-orangtuaan. Saya baru tahu, mengenai 'pernak-pernik' menjelang pernikahan melalui buku ini. So far, saya pikir peminangan itu sendiri adalah adat dari budaya kita sebagai orang timur. Unggah ungguh (tidak tertranslate download downlud y) juga ada dalam tata cara Islam. Alhamdulillah. Kata satu nasihat, bahwa sebaik baiknya doa adalah hamdalah. Memuji Alloh atas apa yg diterima, apa yg dilakukan, dan apa yg ibrahkan. Untuk itu mengapa nasihat sunah menganjurkan memulai bacaan hamdalah dan shalawat di awal pinangan.

Di awal buku ini disuguhkan beberapa nasihat penting seperti, bagaimana pernikahan itu adalah bentuk janji kepada Alloh yg sangat berat. Sungguh berat bilakah tidak dilakukan dengan penuh keikhlasan. Dalam batin ana nih (efek makan briyani, tinggal tambah jenggot), pernikahan itu sejatinya indah, mas mbak. Pahala yg berlimpah contohnya. Atau yg paling mudah sebagai cita-cita, pernikahan impian tiap kita layaknya Muhammad-Khadijah. Truly indeed
Dalam Al Quran, pernikahan memang ditujukan agar hati menjadi tentram. Ketentraman itulah yg didapati bisa sebagai puncak kebahagiaan tiap insan. Ya, saya belum menikah, tapi angan-angan bisa hidup dengan penuh ketentraman dalam jalur yg baik sudah jadi cita-cita sejak kecil. 

Ini yang memang tidak mudah pula. Ketika banyak masukan tentang 'kelam'nya pernikahan karena ketidaksetiaan, ketidakakuran, ketidakpekaan kasih sayang. Ya Alloh, semoga kita semua terhindar dari hal ini dan hal-hal jelek lainnya. Saya pernah suatu masa, dahulu (mungkin saat berusia 100 tahun. hihihi...), saya masih menutup diri untuk pernikahan walaupun sangat susah untuk menerima nikmat mengenai ketertarikan pada seorang laki-laki (serius mau nulis ikhwan lha kok... ah sudahlah). Saya belum dapat pencerahan seperti bagaimana berlipatnya pahala dan mulianya manusia yang hidup dalam bahtera rumah tangga. Hingga memang, bagaimana orang-orang yg menikah lebih dulu masuk surga. Iya?! Iya. Titik. :)) [*lari ke KUA].

"Apa yg menghalangi seorang mukmin untuk mempersunting istri? Mudah-mudahan Alloh mengaruniainya keturunan yang memeberi bobot kepada bumi dengan kalimat la ilaha illaLlah." ~ Muhammad SAW.

Ini.... kenapa panjang sekali postingannya?!

Yasudah. Dagh.


Wassalam,





Postingan populer dari blog ini

Ciptaan Alloh bernama mentega-margarine-butter-roombutter

Assalamualaikum,
Well, ini postingan dadakan yg mengejutkan. Kebiasaan saya pada roti (apa namanya ya?). Ah, pokoknya setiap saya mencuci mobil ditempat ini, sedikitnya saya makan satu roti kismis yang menurut saya endul. Roti biasa dengan merk "F" (huruf awal yg sebenarnya). Sudah bertahun-tahun lho saya mengkonsumsi kudapan ringan ini. Tak lama setelahnya, pagi ini, beberapa menit setelah saya memulai postingan ini. Dengan mulut penuh roti saya iseng melihat komposisi dari roti ini dan saya mendapati tulisan roomboter (begitu tertulisnya). #Gleeek.
Saya cemas, bingung, panik. Maklum, saya bukan orang yang senang dengan istilah-istilah perkuean begitu. Untung ada komunikator yang bernama hape. Saya hubungi juragan kue, sahabat saya, Bude Xocolatl. Saya bertanya "Roomboter itu rum?" sambil berharap dalam hati seraya berkata, "bukan dong ya. Plis bukan". Lalu Bude itu menjawab, "BUKAN" >> zoom, bold, font extra large. Alhamdulillah. Yaa, b…

Jauh Dekat Rp.500

Apa kamu bahagia dengan hidupmu sekarang? Atau masih banyak yg harus dipenuhi untuk mencapai titik kepuasan dalam hidup? Mungkin merasa berlebih sehingga bisa dibagikan untuk orang lain? Atau bisa jadi rasa cukup dengan segala kekurangan yang ada?
Saya tertarik dengan wacana kecil yg terjadi sehari yg lalu. Saat saya bergulat dengan uang logam dan minyak gosok bersama dengan tetangga super baik hati yg mau menjamah saya dengan keahliannya "mentato". Dia membuka pembicaraan santai itu dengan obrolan ibu pkk, yang seketika saya juga dipaksa berubah jadi ibu beranak 3. "Banyak yang iri dengan saya karena teman-teman saya dari kalangan berada". Saya tersenyum, entah arahnya kemana. "Tapi saya sama sekali gak nyaman dengan omongan mereka yg dikaitkan dengan bahagia dan materi". Saya diam, masih terasa bekas kerokannya, sampai saya hampir nungging. "Kenapa memangnya,bu?" tanya saya. "Saya gak malu,saya suka berteman dengan siapa saja.Tapi tidak un…

Otot Barry Prima

Kemarin sore menjelang malam, mungkin dibilang malam aja biar enak. Saya ditodong sepupu saya untuk diantarkan di salah satu Gedung Olahraga terbesar dikota Malang (bangga, setelah jadi finalis UKS tingkat nasional). Awalnya saya tidak tau ada apakah disana  selain bangunan besar dan parkiran mobil. Embel-embel jemput teman, saya iya saja, polos-ly(baca : secara polos). Oke, saya pun diberitahu kalo ada event olahraga seprovinsi jawa timur. Hmm, tertarik, karena saya salah satu olahragawati cabang sepak orang. Sampainya disana, langsung aja dah masuk ke tempat yang dituju. Dan apa yang terjadi setelahnya adalah, --eng ing eng--, saya terjebak diantara pria-pria sintal dengan otot gatotkaca dan sangkuriang dimana mana. wow, kontes binaraga dan saya ditengah-tengah para binaraga-ularnaga-panjang-bukan-kepalang. Subhanallah, mimpi apa saya semalam. ouw, mimpi berteman dengan kecoak berarti pertanda baik. Oke, masuk, dan menunggu. Sepupu saya (yang badannya juga gak kalah berotot kayak gi…