Langsung ke konten utama

Sahabatku, Romadhon

Assalamaulaikum,

Masih gak percaya ini Romadhon lagi. Setidaknya, ada kesempatan 1 tahun bisa hidup setelah romadhon tahunlalu dan melalui romadhon kali ini dengan keluarga. Alhamdulillah ya, bisa bareng sama keluarga. Orang-orang terkasih. Masih gak percaya juga, masih bisa mengkondisikan rencana kebaktisosialan bersama teman-teman. Ya, alhamdulillah lagi, Gusti Alloh. 
Dulu, kalau diingat-ingat, romadhon-romadhon kemarin dilalui dengan biasa saja. Iya, gak ada kenaikan signifikan. At all... Puasa juga biasa aja. Nahan lapar doang. Nunggu beduk sambil nyiapin makanan dipiring khusus gitu. Sholat isya-tarawih juga dilaui dengan mengantuk karena makannya banyak. Beuh,,,, contoh buruk kayak di buku PPKN. Persis dah. Setelah dirasa-rasa, harusnya bisa cari manfaat romadhon itu sendiri ya. Bisa berubah seiring bertambahnya ilmu mengaji. Bisa lebih baik walau sedikit.

 (lama-lama pembaca bosan, postingan religi kayak gini belum tentu penulisnya alim. Gak. Gak ada alim-alimnya).

(pembaca klik spam)

(pembaca klik block)

(blog ini lalu terdelete)

(gada saung bersama lagi)

(penulisnya hening sebentar, habis ide)


Balik ke romadhon lagi deh ya. Pribadi saya, menghargai romadhon bukan hanya sekedar puasa aja sih ya. Selain wajib, dan ajang belajar untuk bulan-bulan kedepan, mindset bulan ini yang juga wajib dibenahi. Pola pikir? Iyah.. Saya jadi ingat saat-saat akan umroh. Banyak orang yang menata persiapan untuk pergi kesana. Ilmu, materi, bekal lainnya. Namun, banyak yang gak sadar. Justru 'kehidupan' sebelum dan sesudah pergi itulah yang harfiahnya paling banyak kita persiapkan. Janganlah hilang semangat lebih baik dihari-hari setelahnya. Hal itu yang saya bawa saat romadhon ini. Semoga benar. Semoga baik. Persiapan romadhon saya lakukan dari bulan syawal tahun lalu. Dan menghargai tiap hari adalah perlu. Sebatas dan sejauh mana pemikiran kita bahwa semua bulan itu, baik dan blessed. Tapi, bilamana banyak orang yang menspesialkan bulan mulia ini, itu jauh lebih baik. Peningkatan peribadatan, penjagaan hati, dan hal lain sebagainya adalah nilai plus sendiri. Keep going on.

Mencoba bertanya-tanya pada diri sendiri dulu deh ya. 
"Sholat saya sudah baik?"
"Puasa saya karena Alloh?"
"Sodaqoh saya sudah ikhlas?"
"Mengaji Quran saya sudah sempurna?"
"Saya sudah cantik?" (lalu sebagian pembaca sengaja membatalkan puasa)

Nukilan-nukilan dulu dengan judul "Bilakah ini Romadhon terakhirku" selalu membuat deg gitu ya. Kalau banyak orang-orang alim khawatir puasanya diterima atau gak saat berbuka. Kalau macam saya mah khawatir makanannya dingin. #gubrak.
Untuk itu, bilamana seorang teman mengatakan "lebaran masih lama ya?" ya... dirudal saja orang itu. Hahaha... even i know for sure behind that 'sigh', and fact i have the same feeling. Percayalah, i'm still enjoying romadhon happily. Jadi, tugas kita ya, mari hargai diri kita sendiri dengan berbuat kebaikan yang mungkin tidak hanya di bulan ini saja. Terlebih 'berterima kasih' pada Alloh karena mengistimewakan kita dengan kesempatan melalui romadhon ini. So, semoga kita semua semakin baik ya.


(ke tembok ukir "I Love Alloh")
(kemudian pembaca main lagi ke Saung)



Wassalam,
Yang gak puasa selamat makan,




Postingan populer dari blog ini

Ciptaan Alloh bernama mentega-margarine-butter-roombutter

Assalamualaikum,
Well, ini postingan dadakan yg mengejutkan. Kebiasaan saya pada roti (apa namanya ya?). Ah, pokoknya setiap saya mencuci mobil ditempat ini, sedikitnya saya makan satu roti kismis yang menurut saya endul. Roti biasa dengan merk "F" (huruf awal yg sebenarnya). Sudah bertahun-tahun lho saya mengkonsumsi kudapan ringan ini. Tak lama setelahnya, pagi ini, beberapa menit setelah saya memulai postingan ini. Dengan mulut penuh roti saya iseng melihat komposisi dari roti ini dan saya mendapati tulisan roomboter (begitu tertulisnya). #Gleeek.
Saya cemas, bingung, panik. Maklum, saya bukan orang yang senang dengan istilah-istilah perkuean begitu. Untung ada komunikator yang bernama hape. Saya hubungi juragan kue, sahabat saya, Bude Xocolatl. Saya bertanya "Roomboter itu rum?" sambil berharap dalam hati seraya berkata, "bukan dong ya. Plis bukan". Lalu Bude itu menjawab, "BUKAN" >> zoom, bold, font extra large. Alhamdulillah. Yaa, b…

Jauh Dekat Rp.500

Apa kamu bahagia dengan hidupmu sekarang? Atau masih banyak yg harus dipenuhi untuk mencapai titik kepuasan dalam hidup? Mungkin merasa berlebih sehingga bisa dibagikan untuk orang lain? Atau bisa jadi rasa cukup dengan segala kekurangan yang ada?
Saya tertarik dengan wacana kecil yg terjadi sehari yg lalu. Saat saya bergulat dengan uang logam dan minyak gosok bersama dengan tetangga super baik hati yg mau menjamah saya dengan keahliannya "mentato". Dia membuka pembicaraan santai itu dengan obrolan ibu pkk, yang seketika saya juga dipaksa berubah jadi ibu beranak 3. "Banyak yang iri dengan saya karena teman-teman saya dari kalangan berada". Saya tersenyum, entah arahnya kemana. "Tapi saya sama sekali gak nyaman dengan omongan mereka yg dikaitkan dengan bahagia dan materi". Saya diam, masih terasa bekas kerokannya, sampai saya hampir nungging. "Kenapa memangnya,bu?" tanya saya. "Saya gak malu,saya suka berteman dengan siapa saja.Tapi tidak un…

Otot Barry Prima

Kemarin sore menjelang malam, mungkin dibilang malam aja biar enak. Saya ditodong sepupu saya untuk diantarkan di salah satu Gedung Olahraga terbesar dikota Malang (bangga, setelah jadi finalis UKS tingkat nasional). Awalnya saya tidak tau ada apakah disana  selain bangunan besar dan parkiran mobil. Embel-embel jemput teman, saya iya saja, polos-ly(baca : secara polos). Oke, saya pun diberitahu kalo ada event olahraga seprovinsi jawa timur. Hmm, tertarik, karena saya salah satu olahragawati cabang sepak orang. Sampainya disana, langsung aja dah masuk ke tempat yang dituju. Dan apa yang terjadi setelahnya adalah, --eng ing eng--, saya terjebak diantara pria-pria sintal dengan otot gatotkaca dan sangkuriang dimana mana. wow, kontes binaraga dan saya ditengah-tengah para binaraga-ularnaga-panjang-bukan-kepalang. Subhanallah, mimpi apa saya semalam. ouw, mimpi berteman dengan kecoak berarti pertanda baik. Oke, masuk, dan menunggu. Sepupu saya (yang badannya juga gak kalah berotot kayak gi…