Langsung ke konten utama

..tapi jangan Hijab nya..


Assalamualaikum, Sahabat Saung.

Beberapa hari ini saya membaca (sepintas dengan terpaksa) di salah satu rubrik koran langganan saya yg biasanya tidak saya kenan untuk membaca. Well, mungkin karena melihat fashion salah dua jilbaber yg menjadi 'korban' polisi fashion di salah satu tema. Memang harusnya biasa saja ya, karena toh itu cuma rubrik biasa. Namun saya agak canggung dengan komentar salah satu komentatornya yg sepertinya, tangkapan saya, sangat 'tidak biasa'.

Terkadang ada kalanya saya ingin meluruskan beberapa pemikiran tentang Hijab. Karena banyak diantara beberapa orang yg sering kali menganggap 'kami', berbeda, secara teori. Well, saya benar-benar sedih (balik ke rubrik fashion di atas) mana kala komentator menganggap bahwa baju si A agak begini, si B begitu. Bukan tidak mau menyalahi, saya rasa hijab itu sendiri sudah di atur dalam Al Quran. Saya rasa, beliau lebih banyak pengalamannya, namun mungkin sedikit meleset masalah basic hijab itu sendiri :). Baiknya, berhijab dulu sebelum berkomentar. Karena setiap cerita para hijaber itu unik, berbeda, bikin haru. Saya hanya menilai, bahwa hijab sendiri kan syarat utamanya adalah menutup bagian badan atas (dada, red), itu benar-benar sudah fixed rule dari sana nya. Kalau hal seperti ini saja banyak yg lupa, saya rasa itu perlu di kaji lagi lho.

Basic for very early match, di luar itu juga, hijab sering kali di nyinyir juga oleh banyak orang. Seperti, memandang mereka yg berhijab itu sebagai patokan pribadilitas seseorang, atau memandang 'hijab hati' terlebih dahulu sebelum menghijab fisik, dan lain sebagainya. Saya tidak yakin benar dengan pemikiran orang-orang yg mengatasnamakan hijab dalam urusan apapun. Karena Hijab sendiri adalah kolektifitas iman seorang hamba yang diperuntukan sebagai tanda kasih, sayang dan cintanya kepada Rabb nya. Akan sedih rasanya mereka yg mengatakan, "Jilbaban kok pake ini, jilbaban kok sifatnya begini". Aduh duh, bukanlah hijab yg membawa kita semua ke arah yg buruk kan? Jangan salahkan hijabnya :(. Pemikiran itu saya rasa terlalu sempit untuk di sebar luaskan. Pribadi diri sendiri adalah masing-masing kepekaan. Kalau pun semakin baik setelah berhijab ya, Alhamdulillah y (syahrini talks). Namun juga mencibir kekurangan mereka setelah berhijab, karena setiap manusia punya 'kecenderungan' 'mengemukakan' kekurangan yg tidak di sengaja (bahasa saya mulai aneh tingkat medium setelah banyak membaca nukilan).

Saya memakai jilbab baru 3 ramadhan kebelakang. Dan lika-liku untuk menguatkan akan jati diri muslimah ini sangat panjang. Saya mengalami fase-fase yg tidak mudah (yg masih harus banyak belajar lagi), saya tidak belajar menghijabi diri dahulu, memang. Untuk itu saya juga menyayangkan mereka yg cenderung memaksa teteman untuk menghijab. Jangan sampai sahabat saung, kalian berhijab karena paksaan lingkungan. Jadilah pribadi yg ingin di cintai Rabb. Itu saja, sesederhana itu saja. Dan jihad saya, mungkin ini lah contoh 'persembahan kecil pada Allah' atas semua yg Dia lakukan dengan baik dalam hidup saya. Tidak mudah memang mencari hidayah tanpa tuntunan. Mudah-mudahan tiada lagi yg memandang hijab sebagai sesuatu yg magis, semoga kita semua mendapat hidayah Nya. Amin.


Wassalamualaikum (mulai baca rubrik iklan jitu),




Salam Hijab,



Postingan populer dari blog ini

Ciptaan Alloh bernama mentega-margarine-butter-roombutter

Assalamualaikum,
Well, ini postingan dadakan yg mengejutkan. Kebiasaan saya pada roti (apa namanya ya?). Ah, pokoknya setiap saya mencuci mobil ditempat ini, sedikitnya saya makan satu roti kismis yang menurut saya endul. Roti biasa dengan merk "F" (huruf awal yg sebenarnya). Sudah bertahun-tahun lho saya mengkonsumsi kudapan ringan ini. Tak lama setelahnya, pagi ini, beberapa menit setelah saya memulai postingan ini. Dengan mulut penuh roti saya iseng melihat komposisi dari roti ini dan saya mendapati tulisan roomboter (begitu tertulisnya). #Gleeek.
Saya cemas, bingung, panik. Maklum, saya bukan orang yang senang dengan istilah-istilah perkuean begitu. Untung ada komunikator yang bernama hape. Saya hubungi juragan kue, sahabat saya, Bude Xocolatl. Saya bertanya "Roomboter itu rum?" sambil berharap dalam hati seraya berkata, "bukan dong ya. Plis bukan". Lalu Bude itu menjawab, "BUKAN" >> zoom, bold, font extra large. Alhamdulillah. Yaa, b…

Jauh Dekat Rp.500

Apa kamu bahagia dengan hidupmu sekarang? Atau masih banyak yg harus dipenuhi untuk mencapai titik kepuasan dalam hidup? Mungkin merasa berlebih sehingga bisa dibagikan untuk orang lain? Atau bisa jadi rasa cukup dengan segala kekurangan yang ada?
Saya tertarik dengan wacana kecil yg terjadi sehari yg lalu. Saat saya bergulat dengan uang logam dan minyak gosok bersama dengan tetangga super baik hati yg mau menjamah saya dengan keahliannya "mentato". Dia membuka pembicaraan santai itu dengan obrolan ibu pkk, yang seketika saya juga dipaksa berubah jadi ibu beranak 3. "Banyak yang iri dengan saya karena teman-teman saya dari kalangan berada". Saya tersenyum, entah arahnya kemana. "Tapi saya sama sekali gak nyaman dengan omongan mereka yg dikaitkan dengan bahagia dan materi". Saya diam, masih terasa bekas kerokannya, sampai saya hampir nungging. "Kenapa memangnya,bu?" tanya saya. "Saya gak malu,saya suka berteman dengan siapa saja.Tapi tidak un…

Otot Barry Prima

Kemarin sore menjelang malam, mungkin dibilang malam aja biar enak. Saya ditodong sepupu saya untuk diantarkan di salah satu Gedung Olahraga terbesar dikota Malang (bangga, setelah jadi finalis UKS tingkat nasional). Awalnya saya tidak tau ada apakah disana  selain bangunan besar dan parkiran mobil. Embel-embel jemput teman, saya iya saja, polos-ly(baca : secara polos). Oke, saya pun diberitahu kalo ada event olahraga seprovinsi jawa timur. Hmm, tertarik, karena saya salah satu olahragawati cabang sepak orang. Sampainya disana, langsung aja dah masuk ke tempat yang dituju. Dan apa yang terjadi setelahnya adalah, --eng ing eng--, saya terjebak diantara pria-pria sintal dengan otot gatotkaca dan sangkuriang dimana mana. wow, kontes binaraga dan saya ditengah-tengah para binaraga-ularnaga-panjang-bukan-kepalang. Subhanallah, mimpi apa saya semalam. ouw, mimpi berteman dengan kecoak berarti pertanda baik. Oke, masuk, dan menunggu. Sepupu saya (yang badannya juga gak kalah berotot kayak gi…