Langsung ke konten utama

Ibuku, Ibumu



Bulan ini saya kedatangan 2 "malaikat" kecil di keluarga besar kami. Sepasang jagoan baru siap ikut ramaikan seisi rumah. Senang sekali. Saya dan Om Ganjen untuk kesekian kalinya menjadi paman dan bibi. Gak sabar segera melihat duo cilik, biasanya dengerin cerita pengalaman para ibu-ibu ini dalam persalinan lalu. Kelahiran kedua dari sepupu pertama saya rupanya pengalaman yg akhirnya membuatnya membiasakan diri. Sudah pengalaman rupanya. Beda halnya dengan sepupu kedua, adik dari sepupu pertama saya tadi. Kalo dilihat dari orangnya. Wuw..serius, preman abiz dah. Paling jago malak ngadepin situasi apapun. Batman, Spaidermen, Herkukul semua kalah jago dah. Alkisah (jreeenk...katak pesek main gitar), sepupu kedua saya, Cleopatura (sebut saja demikian), mengalami sakit perut luar biasa siang hari. Berasa gak kuat, bertandanglah dia ke Rumah sakit bersalin, iya bukan bengkel ato tempat karokean. Dirasa sudah mau melahirkan, mbleset (haiyah..iki bosone) pula rupanya. Jauh-jauh dari rumah ke Rs baru bukaan 1. Ok, tau kan artinya bukaan 1-2-3-...-10? Saya pikir itu seberapa banyak kancing baju yg bisa muat di perut. Dodolnya. Pulanglah sudah. Sampai dirumah, Cleopatra berubah ulah. Gayanya aneh-aneh gak ketulungan. Mulai jengking, jentit, akrobat, ngangkang dan beberapa gaya yoga di jabani (keren banget,padahal dia gak pernah punya member kursus Yoga). Merasa sudah gak kuat, kembali lah kembali ke Rs rujukan tadi.

Deritanya ibu, kasian bener anaknya gak mau keluar. Nakal banget, ibunya dibiarin kesakitan. Sampai di ruang bersalin, angka bukaan gak mau naik ke dua. Tetep 1. Zzzyaa... hampir 10 jam meronta-ronta sampai mukul tembok. Oyeah...sepupu saya yg bekas preman itu sempat mukul tembok. Astagaaa... Untuk itu suster-suster gak ikut bonyok. Malah ketawa lihat tingkah laku sepupu saya. Dan kelar 10 jam yg menyiksa, sampai kakeknya rela nemenin melahirkan gantiin suaminya yg lagi ketiduran. Ck ck ck ck.... kalu saya jd dia, saya bangun dulu dr tempat tidur, bangunin suami saya, terus balik ngeden lagi. Saking gak kuatnya, Cleopatra minta segera caesar. Surat pun sudah ditandatangani. Dokter pun masuk bersegera di operasi. Apa yg terjadi? Sudah bukaan 9, sodara-sodara. Mbrojol sekalian saja anak lucu itu. Alhamdulillah....

Pesan paling baik untuk ingatkan saya betapa BESAAAAR jasa seorang ibu demi anaknya. Dari kandungan, melahirkan, kecil, sampai saatnya kita besar (dan kita hidup sendiri tinggalin beliau). Sungguh ya, surga itu benar adanya di kaki ibu. Kasih sayang yg tanpa syarat itu yg bisa bikin kita nyaman, doanya itu yg bisa jagain kita, omelannya yg bisa bikin kita rindu luar biasa, dan jauh darinya bisa bikin kesedihan paling panjang.

"M" is for the million things she gave me
"O" means only that she's growing old
"T" is for the tears she shed to save me
"H" is for her heart of purest gold
"E" is for her eyes, with love-light shining
"R" means right, and right she'll always be.

Put them all together, they spell "MOTHER," A word that means the world to me.




Untuk Ibuku, Ibuku, Ibuku, Ayahku...... untuk kasih sayang yang tanpa syarat.
Terima Kasih - Notxa, 22 Desember 2009 (setelah mencium & memeluk Ibuku)


Postingan populer dari blog ini

Ciptaan Alloh bernama mentega-margarine-butter-roombutter

Assalamualaikum,
Well, ini postingan dadakan yg mengejutkan. Kebiasaan saya pada roti (apa namanya ya?). Ah, pokoknya setiap saya mencuci mobil ditempat ini, sedikitnya saya makan satu roti kismis yang menurut saya endul. Roti biasa dengan merk "F" (huruf awal yg sebenarnya). Sudah bertahun-tahun lho saya mengkonsumsi kudapan ringan ini. Tak lama setelahnya, pagi ini, beberapa menit setelah saya memulai postingan ini. Dengan mulut penuh roti saya iseng melihat komposisi dari roti ini dan saya mendapati tulisan roomboter (begitu tertulisnya). #Gleeek.
Saya cemas, bingung, panik. Maklum, saya bukan orang yang senang dengan istilah-istilah perkuean begitu. Untung ada komunikator yang bernama hape. Saya hubungi juragan kue, sahabat saya, Bude Xocolatl. Saya bertanya "Roomboter itu rum?" sambil berharap dalam hati seraya berkata, "bukan dong ya. Plis bukan". Lalu Bude itu menjawab, "BUKAN" >> zoom, bold, font extra large. Alhamdulillah. Yaa, b…

Jauh Dekat Rp.500

Apa kamu bahagia dengan hidupmu sekarang? Atau masih banyak yg harus dipenuhi untuk mencapai titik kepuasan dalam hidup? Mungkin merasa berlebih sehingga bisa dibagikan untuk orang lain? Atau bisa jadi rasa cukup dengan segala kekurangan yang ada?
Saya tertarik dengan wacana kecil yg terjadi sehari yg lalu. Saat saya bergulat dengan uang logam dan minyak gosok bersama dengan tetangga super baik hati yg mau menjamah saya dengan keahliannya "mentato". Dia membuka pembicaraan santai itu dengan obrolan ibu pkk, yang seketika saya juga dipaksa berubah jadi ibu beranak 3. "Banyak yang iri dengan saya karena teman-teman saya dari kalangan berada". Saya tersenyum, entah arahnya kemana. "Tapi saya sama sekali gak nyaman dengan omongan mereka yg dikaitkan dengan bahagia dan materi". Saya diam, masih terasa bekas kerokannya, sampai saya hampir nungging. "Kenapa memangnya,bu?" tanya saya. "Saya gak malu,saya suka berteman dengan siapa saja.Tapi tidak un…

Otot Barry Prima

Kemarin sore menjelang malam, mungkin dibilang malam aja biar enak. Saya ditodong sepupu saya untuk diantarkan di salah satu Gedung Olahraga terbesar dikota Malang (bangga, setelah jadi finalis UKS tingkat nasional). Awalnya saya tidak tau ada apakah disana  selain bangunan besar dan parkiran mobil. Embel-embel jemput teman, saya iya saja, polos-ly(baca : secara polos). Oke, saya pun diberitahu kalo ada event olahraga seprovinsi jawa timur. Hmm, tertarik, karena saya salah satu olahragawati cabang sepak orang. Sampainya disana, langsung aja dah masuk ke tempat yang dituju. Dan apa yang terjadi setelahnya adalah, --eng ing eng--, saya terjebak diantara pria-pria sintal dengan otot gatotkaca dan sangkuriang dimana mana. wow, kontes binaraga dan saya ditengah-tengah para binaraga-ularnaga-panjang-bukan-kepalang. Subhanallah, mimpi apa saya semalam. ouw, mimpi berteman dengan kecoak berarti pertanda baik. Oke, masuk, dan menunggu. Sepupu saya (yang badannya juga gak kalah berotot kayak gi…