Langsung ke konten utama

"Pulanglah, nak.."

Hari-hari belakangan bikin segalanya mudah-tapi-dirumitkan. Sengaja? Gak disengaja. Napa juga nih jantung dag-dig-dug gak jelas? Lemah jantung kah? ya Allah, jangan diambil hati. Ada yan ditunggu? Ada. Tukang nasgor duk-duk, gak dateng2. Laper boo. Nunggu telepon? Iya, telpon bokap dari Papua sono. Gelisah? Hmm, kayaknya imbas vaksin flu babi deh. Ada jawaban? Gada. Tetep gini aja mpe nanti malam. Ada beberapa hal yang bikin mumet di kepala. Gak bisa keluar, apalagi dipikir. Gak bisa di hilangin, tapi gak bisa dicerna. Ini dia gejala autis puber. Gak jelas ngomongnya. Oke lah, Sekarang kepikiran buat balik ke Papua. (Apa? balik? bukannya rumah asli di malang?). Iyah, balik ke Papua, tinggal ma Kasuari ato Mambruk di hutan sono. Jyaah.. Apa ini yang dinamakan Ketulusan Hati Sang Pribumi? Bertekat meninggalkan kota yang penuh ono-ono-ae dimana2. Siapkan diri untuk lepas dari hingar bingar begatal di seluruh fasilitas negara (exm : Mall, Plaza, Drive Through, Jembatan layang, dll) dan bersiap merencanakan kegiatan berdagang Koteka di lembah cendrawasih. Ini nyata. Salah satu yang punya daya tarik sendiri untuk bisa kembali lagi kesana. Selain keluarga, teman lama, sekolah sanawiyah, ato lapangan borarsi. Semua yang bikin penulis lajang ini tergila-gila dengan memori masa kecilnya.

Bertekad, setelah sidang ini, dan mungkin beberapa liburan (termasuk kumpul bocah sintal roiders nanti dan acara ta'arufan artis) akan langsung melepaskan segala atribut kenegaraan. Jabatan(tukang servis Ac) dan kedudukan(kursi D10, studio 4) sudah kudu di tanggalkan sejenak/selamanya demi kesejahteraan perut dan sikut (??).

Kota kecil itu diberi nama, Jayapura (pura2 jaya?). Kota semiretropolis dengan situasi pasang surut yang bikin kota ini mudah di kangeni. Selama 4 tahun dari 10 tahun kehidupan di papua, Jayapura memang punya cerita sendiri. Sampai sekarang, bukan hanya tata letak aja yang ditebak2 (kabar terbaru dr Bang Roid, Happy Puppy uda ada. Huahahah... buceeet dah, lama-lama 2nd Grand Indonesia bisa dibangun di atas danau sentani). Selain Bokap yang masih banting tulang (dan anaknya dimalang yang suka minta uang), banyak teteman ma kerabat yang masih eksis tinggal disana. Jangan salah, banyak yang berpendapat Papua itu pulau yang jangan dicoba. wow...are you insane? Papua itu tempat yang beda'(Fitri Tropika mode on) dari Pulau yang lain yang ada di dunia ini, soalnya cuma ada satu aja di Indonesia. Papua bisa jadi tempat yang uda biasa seliweran orang mabuk disiang hari. Pulau yang bisa kalian jumpai pedagang koteka seperti saya, ato yang jual Aqua botol tanggung 600 ml dengan harga IDR15000. Belum lagi, wisata alam yang masih perawan (belum ada yg ngawini) bejubel seIndonesia raya banyaknya. Ditempat ini pula bisa kalian jumpai gorengan dengan harga IDR1000 seukuran setengah mouse komputermu. Istimewa kan? Yaaaaa...istimewa (menitikkan air mata, tanda bangga untuk ketua suku Humbalajegeriya dan masyarakatnya).

Rencana paling buruknya, "Bagaimana jika rencana A diatas tak bisa laksanakan?". Apa harus berdiam disini saja? Berharap datangnya Dewi Sri bawa beras kencur? Ato, duduk manis plus ketik Mall ke 2121 buat liat jadwal film kartun apa yang diputar minggu ini? Jyaaaah, kebiasaan buruk calon istri yang cuma bisa ini, itu, jepret, jeprut dunia photorgaphy masih jadi andalan saat ini. Tapi gak mungkin kalu harus pacaran terus ma kamera. Sesuatu yang....baru. Benerin BTS mungkin? Ato jadi penunggu piramid makam Cleopatra. Yah, yang lain. Yang bisa jadi kegiatan baru. Bukan di rumah. Di sana (mana? cari peta...). Gak tau dimana. Mungkin di kampung sebelah. Kalu perlu ke Kelurahan sebelah.

Mungkin, saat ini yang ditunggu, pulang ke sana, Papua Island.
Place where i belongs. Home....stand around try to remember every moment i had.
Sampai nanti, saat aku pulang ke Papua. Jyaaaah..



Salam Ngeong selalu,

Postingan populer dari blog ini

Ciptaan Alloh bernama mentega-margarine-butter-roombutter

Assalamualaikum,
Well, ini postingan dadakan yg mengejutkan. Kebiasaan saya pada roti (apa namanya ya?). Ah, pokoknya setiap saya mencuci mobil ditempat ini, sedikitnya saya makan satu roti kismis yang menurut saya endul. Roti biasa dengan merk "F" (huruf awal yg sebenarnya). Sudah bertahun-tahun lho saya mengkonsumsi kudapan ringan ini. Tak lama setelahnya, pagi ini, beberapa menit setelah saya memulai postingan ini. Dengan mulut penuh roti saya iseng melihat komposisi dari roti ini dan saya mendapati tulisan roomboter (begitu tertulisnya). #Gleeek.
Saya cemas, bingung, panik. Maklum, saya bukan orang yang senang dengan istilah-istilah perkuean begitu. Untung ada komunikator yang bernama hape. Saya hubungi juragan kue, sahabat saya, Bude Xocolatl. Saya bertanya "Roomboter itu rum?" sambil berharap dalam hati seraya berkata, "bukan dong ya. Plis bukan". Lalu Bude itu menjawab, "BUKAN" >> zoom, bold, font extra large. Alhamdulillah. Yaa, b…

Jauh Dekat Rp.500

Apa kamu bahagia dengan hidupmu sekarang? Atau masih banyak yg harus dipenuhi untuk mencapai titik kepuasan dalam hidup? Mungkin merasa berlebih sehingga bisa dibagikan untuk orang lain? Atau bisa jadi rasa cukup dengan segala kekurangan yang ada?
Saya tertarik dengan wacana kecil yg terjadi sehari yg lalu. Saat saya bergulat dengan uang logam dan minyak gosok bersama dengan tetangga super baik hati yg mau menjamah saya dengan keahliannya "mentato". Dia membuka pembicaraan santai itu dengan obrolan ibu pkk, yang seketika saya juga dipaksa berubah jadi ibu beranak 3. "Banyak yang iri dengan saya karena teman-teman saya dari kalangan berada". Saya tersenyum, entah arahnya kemana. "Tapi saya sama sekali gak nyaman dengan omongan mereka yg dikaitkan dengan bahagia dan materi". Saya diam, masih terasa bekas kerokannya, sampai saya hampir nungging. "Kenapa memangnya,bu?" tanya saya. "Saya gak malu,saya suka berteman dengan siapa saja.Tapi tidak un…

Otot Barry Prima

Kemarin sore menjelang malam, mungkin dibilang malam aja biar enak. Saya ditodong sepupu saya untuk diantarkan di salah satu Gedung Olahraga terbesar dikota Malang (bangga, setelah jadi finalis UKS tingkat nasional). Awalnya saya tidak tau ada apakah disana  selain bangunan besar dan parkiran mobil. Embel-embel jemput teman, saya iya saja, polos-ly(baca : secara polos). Oke, saya pun diberitahu kalo ada event olahraga seprovinsi jawa timur. Hmm, tertarik, karena saya salah satu olahragawati cabang sepak orang. Sampainya disana, langsung aja dah masuk ke tempat yang dituju. Dan apa yang terjadi setelahnya adalah, --eng ing eng--, saya terjebak diantara pria-pria sintal dengan otot gatotkaca dan sangkuriang dimana mana. wow, kontes binaraga dan saya ditengah-tengah para binaraga-ularnaga-panjang-bukan-kepalang. Subhanallah, mimpi apa saya semalam. ouw, mimpi berteman dengan kecoak berarti pertanda baik. Oke, masuk, dan menunggu. Sepupu saya (yang badannya juga gak kalah berotot kayak gi…